Yuk, Belajar Main Skateboard: 4 Tips Praktis Bagi Pemula

5/29/2015

Anda ingin belajar bermain skateboard atau papan luncur? Tapi bagaimana caranya, ya? Kali ini kami akan berbagi tips praktis belajar bermain skateboard bagi Anda yang penasaran dengan olahraga ekstrim yang satu ini. Olahraga skateboard tidak hanya digemari sebagai olahraga yang dapat memacu adrenalin, tetapi juga sebagai sebuah bentuk ekpresi diri yang unik. Sering kali personalitas seseorang akan terlihat ketika dia bermain skateboard; Anda seorang yang suka lambat, dan soulful atau cepat? Ini akan dapat tercermin pada gaya Anda dalam bermain skateboard.
Ekspresi diri para skaters (sebutan bagi pemain skateboard) juga dapat dilihat dari desain grafis papan luncur yang mereka tunggangi. Sebagai olahraga yang identik dengan gaya hidup anak muda yang kreatif dan punya reputasi sebagai olahraga yang "cool" di kalangan remaja, tidak heran banyak yang memilih skateboarding sebagai pengisi waktu luang untuk berolahraga -- bahkan, sebuah survey menunjukkan bahwa skateboarding adalah salah satu olahraga paling populer di kalangan remaja di Amerika Serikat. 

Beragam desain grafis pada skateboards sebagai sarana self-expression
Pada awalnya, belajar skateboarding mungkin terlihat sedikit susah; but we'll make it easy for you. Let's skate and break some sweat!
But first: Sebelum kita belajar basics of skateboarding, jangan lupa memakai perlengkapapan keamanan seperti helm, pelindung lutut dan siku, dan sepatu yang cocok untuk bermain skateboard -- umumnya, para skaters disarankan menggunakan sepatu yang mempunyai telapak yang datar/flat dan tidak bertumit i.e. avoid running shoes. Dan tentu saja ada perlu sebuah papan luncur.
 
Perlengkapan keamanan dalam skateboarding
OK. For real now. Let's get started!

1. Biasakan berdiri dengan nyaman diatas papan

Untuk belajar menyeimbangkan badan, cobalah letakkan papan luncur Anda diatas rumput dan berdirilah di atas papan dengan meletakkan kaki kanan Anda diatas kedua set trucks atau as papan luncur Anda.
Kemudian, biasakan berdiri di atas papan sampai rasa kelihangan keseimbangan, yang biasa dirasakan oleh pemula, hilang.

2. Pilih stance yang cocok untuk Anda: regular atau goofy

Stance adalah cara Anda meluncur diatas papan. Jadi ketika meluncur, kaki mana yang Anda letakkan di depan atau pada truck dan kaki mana yang Anda gunakan untuk mengayuh?
Apabila Anda meletakkan kaki kanan di depan dan menggunakan kaki kiri untuk mengayuh, adalah berarti memiliki stance goofy.
 
Googy stance
Dan apabila sebaliknya Anda memakai kaki kiri sebagai kaki depan, berarti Anda mempunyai stance reguler.

Regular stance
Bingung mau pakai kaki kanan atau kiri sebagai kaki depan? Tip: cobalah menaiki sederetan anak tangga dan perhatikan kaki mana yang Anda dahulukan. Kaki yang Anda dahulukan kemungkinan adalah kaki dominan Anda dan biasanya kaki tersebutlah yang dipakai sebagai kaki depan untuk berluncur diatas skateboard.

3. Bawalah papan luncur Anda ke atas permukaan yang rata

Mulailah berseluncur diatas permukaan yang rata seperti pada sebuah garasi atau lapangan olah raga. Gunakanlah kaki belakang Anda untuk bergerak maju. Ketika Anda sudah meluncur, Anda dapat menempatkan kaki belakang Anda pada ujung belakang skateboard Anda dan tetaplah jaga keseimbangan badan. Apabila Anda ingin menambah kecepatan, kembali dorong papan dengan kaki belakang Anda. Jagalah lutut Anda untuk selalu tertekuk, supaya Anda tidak gampang jatuh atau kehilangan keseimbangan.

4. Miringkan dan beratkan badan Anda ke kiri/kanan Anda untuk berbelok

 
Miringkan dan beratkan badan Anda ke kiri/kanan Anda untuk berbelok
Final tip: Apabila Anda sudah fasih dengan gerakan-gerakan di atas, Anda sudah boleh belajar skateboarding tricks dasar seperti ollie atau melompat dengan skateboard, yang akan kami bahas pada artikel selanjutnya.
Selamat mencoba dan berikan komentar Anda di comment threads di bawah, ya!

Sumber : http://www.tupperware.co.id/tupperware-men/tupperware-men-blog/yuk-belajar-main-skateboard-4-tips-praktis-bagi-pemula

Share this

Mencoba untuk berkarya dan berbagi pengalaman seputar ilmu yang sudah saya pelajari

Previous
Next Post »

Untuk menulis huruf bold silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
Untuk menulis huruf italic silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
Untuk memasukan pesan silahkan gunakan <b rel="quote">Pesan Sobat</b>
Untuk menulis kode HTML silakan gunakan Konversi Kode pada kotak parser di bawah ini.
Dan gunakan Emoticon agar komentar terlihat lebih keren.

Emoticon Off Topic